KONKOW-KONKOW KOPI TOLERANSI

KONKOW-KONKOW KOPI TOLERANSI

IMG-20170426-WA0058

INGAGE MEDAN (Interfaith New Generatioin Initiative and Engagement) yang berkomitmen mengusahakan terjalinnya komunikasi yang baik di antara pemuda lintas agama di Sumatera Utara, kali ini menyelenggarakan kegiatan bernama Konkow-konkow Kopi Toleransi. Kegiatan yang mengusung tema Kedamaian dalam Perbedaan ini menghadirkan sekitar seratus orang muda dari agama-agama berbeda di Sumatera Utara.

Kegiatan yang dilangsungkan pada Jumat, 28 April 2017 menghadirkan 5 orang pembicara yang mempresentasikan: 1) kedamaian dalam perbedaan menurut agama yang dianutnya; 2) sejauh mana agamanya sudah menjalankannya, 3) dan apa kendala yang dihadapi agama dalam menjalankannya”. Pembicara dari Katolik, Pastor Alexander Silaen, OFM Cap dalam salah satu penjelasannya, sangat menekankan motto Katolik yang sangat menjunjung tinggi hidup bernegara dengan menghormati perbedaan-perbedaan di dalamnya yakni Pro Ecclesia et Patria (demi Gereja dan Negara) dan  “100% katolik, 100% Indonesia. Seorang penannya yang bukan katolik mengaku kagum dengan motto ini. Pertanyaan-pertanyaan dari para peserta cukup banyak membuat pertemuan semakin seru dan berbobot. Pubbarama Buddhist Center (PBC) MEDAN sebagai tempat kegiatan ini menghadirkan suasana sangat kondusif.

IMG-20170429-WA0096

Selain acara utama yang berbentuk talkshow ini, dihadirkan juga beberapa pertunjukan lain seperti Berbagai Kreatifitas Kaum muda, Ngopi Bareng, Hiburan, Orasi Toleran dll. Keluarga Mahasiswa Katolik Unimed Medan yang menjadi perwakilan Orang Muda Katolik menampilkan sebuah fragmen singkat dan puisi yang sangat baik.

Semoga kedamaian semakin bertumbuh di Sumatera Utara dan Indonesia. – Komkep KAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *