Doa & Ngopi OMK KAM : Pekan IV Juli 2018

GEREJA DAN GLOBALISASI

Persiapan Perayaan

  1. Pemimpin (P): Bisa pembina OMK, pendamping OMK atau OMK sendiri. Pemimpin memberitahukan secara singkat jalannya perayaan dan menghunjuk petugas-petugas yang perlu.
  2. Pembawa doa permohonan. Sebelum ibadat, para pembawa doa sudah menentukan siapa yang akan didoakan. Doa dibawakan secara spontan.
  3. Kelompok diskusi: peserta sudah dibagi menjadi beberapa kelompok.
  4. Pembawa nyanyian: seseorang yang bisa.
  5. Salib, lilin dan copyan teks ibadat.
  6. Tempat pengumpulan kolekte. Kolekte dilaksanakan pada nyanyian penutup.

Gagasan Dasar

Perkembangan ekonomi yang maju adalah sebuah kebanggaan bagi dunia ini. Akan tetapi sering terjadi perkembangan ekonomi tidak dibarengi dengan perkembangan pembangunan baik secara fisik dan jasmani. Perkembangan jasmani hendaknya harus lebih maju dari perkembangan ekonomi sehingga manusia yang terlibat dalam perkembangan ekonomi tersebut sungguh dapat berkembang juga dengan baik sehingga tidak menyalahgunakan perkembangan ekonomi yang pesat tersebut.

Nyanyian Pembuka

            Tinggallah bersama aku

Tinggallah bersama aku                                              Stay with me remain here with me

Di dalam doa, di dalam doa (2X)                               Watch and pray (2x)

Seruan Pembukaan

P. Datanglah ya Roh Kudus penuhi hati umatMu.

U. Dan nyalakanlah di dalamnya api cintaMu.

Hening sejenak ….

Tanda Salib & Salam

P. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus

U. Amin

P. Tuhan berserta kita

U. Sekarang dan selama-lamanya

Pemeriksaan Batin

P. Sahabat-sahabat OMK yang baik, dalam hidup ini kita tidak luput dari kesalahan dan kelalaian, maka marilah sejenak kita mengingat-ingat dosa dan kesalahan kita seraya mengakuinya di hadapan Allah dan di hadapan sesama agar kita dilayakkan Allah mengikuti ibadat ini.

Hening….

P+U. Kita mengaku….

Absolusi

P. Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa-dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin.

Doa Pembukaan

P. Marilah berdoa,

Ya Bapa, utuslah Roh Kudus dalam pertemuan kami ini. Semoga kami memahami makna hidup yang Engkau anugerahkan kepada kami dan bersyukur atasnya. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, yang meraja bersama Dikau dan dalam kesatuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang segala masa.

P+U.    Amin.

  1. MENGENAL YESUS

Memaparkan rangkuman khazanah iman dari Docat No 182-194

GEREJA DAN GLOBALISASI EKONOMI

Perkembangan Ekonomi dewasa ini sangat pesat. Dalam perkembangan ini pemerintah harus memperhatikan prinsip subsidiaritas yaitu pemerintah harus membantu para peserta dalam bidang ekonomi agar mampu berkembang dan bersaing. Pemerintah juga harus memperhatikan solidaritas agar para pengangguran tidak terperosok dan yang lemah tidak tertindas. Harus ada aturan yang jelas dalam undang-undang demi kesejahteraan bersama. Selain negara, kelompok atau serikat buruh juga harus melayani kepentingan umum. Mereka seharusnya dibina dan dilindungi oleh hukum negara dan kebijakan pajak.

Pada dasarnya bisnis seharusnya menyediakan barang dan jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh orang lain dan dengan pelayanan yang sungguh-sungguh melayani. Bisnis menjadi sebuah lembaga yang mengedukasi manusia dengan bijak. Ketika diatur dengan baik, bisnis dapat meningkatkan martabat pekerja dan membangun nilai-nilai solidaritas, kebijaksanaan, keadilan, disiplin dll. Ekonomi dapat menjadi sebuah sekolah kemanusiaan ketika ekonomi itu dijalankan dengan adil, rasa cinta kasih, karya kasih dan kemurahan hati. Sebuah bisnis yang sukses bukanlah ketika bisnis itu memperoleh keuntungan yang besar. Akan tetapi bisnis sukses ketika mampu terus menerus menciptakan sesuatu yang baik dan berguna bagi sesama dan masyarakat.

Keadilan dalam bisnis adalah ketika hak-hak orang lain dapat diberikan dengan baik. Agar keadilan tetap terjaga, kontrak harus dibuat dengan konsep kehendak bebas, tanpa tipuan, ketakutan atau paksaan. Dalam bisnis ada disebut dengan harga yang adil. Harga yang adil adalah harga yang telah disetujui dalam perjanjian bebas melalui interaksi permintaan dan penawaran. Monopoli dari satu pihak dapat merugikan pihak lain. Dalam hal ini riba (melebihkan jumlah pinjaman saat mengembalikan utang) dan penyalahgunaan adalah dosa. Dewasa ini banyak kebohongan, kelicikan, dan pemalsuan dalam dunia bisnis. Dalam bisnis harus ada kepercayaan, tanpa kepercayaan satu sama lain maka bisnis tersebut tidak dapat berfungsi.

Pasar modal dan bank memainkan peranannya dalam pelayanan. Dalam hal ini mereka menyediakan modal untuk perusahaan dan bisnis dan mereka mengambil keuntungan dari hal tersebut. Kenyataan ini pada prinsipnya bukanlah dosa ketika mereka berorientasi pada kebaikan bersama. Keberadaan mereka juga menjadi sebuah penyeimbang jumlah dan harga dari satu daerah ke daerah lain dan mereka juga menjaga keseimbangan ketika terjadi kekurangan atau surplus. Pasar modal dan perbankan harus melakukan transaksi yang transparan dan harus diatur dalam kerangka kerja yang mengikat.

Jika pertumbuhan ekonomi meningkat maka pembangunan juga harus meningkat. Pembangunan harus berada di atas pertumbuhan ekonomi. Tujuan ekonomi adalah untuk kemakmuran bersama. Maka ketika pertumbuhan ekonomi berkembang maka pembangunan harus lebih berkembang. Selain kesejahteraan dan keamanan, orang membutuhkan visi yang lebih komprehensif atas pembangunan dalam keluarga yaitu, iman, pendidikan dan juga atas perawatan kesehatan yang baik. Salah satu tugas ekonomi internasional adalah mewujudkan pembangunan kemanusiaan yang komprehensif, kooperatif, dengan kata lain, untuk setiap manusia dan untuk semua manusia. Tidak benar kalau orang kaya harus menjadi lebih kaya dan orang miskin lebih miskin lagi. Pertumbuhan ekonomi mengarah pada situasi peningkatan untuk kebaikan orang lain. Dalam perkembangan ini, sangat mungkin untuk masuknya korupsi. Korupsi merupakan penyalahgunaan kuasa dan sumber daya yang dipercayakan kepada seseorang demi kepentingan pribadi.  Korupsi menghancurkan masyarakat dari dalam. Melalui kuasanya, hak-hak mereka yang tidak memiliki kuasa dirampas. Korupsi bertentangan dengan prinsip keadilan. Perlindungan utama melawan korupsi adalah transparansi maksimal dalam distribusi sumber daya dan kesempatan. Orang dan komunitas kristiani yang hidup bebas dari korupsi dapat menjadi ragi bagi pembaharuan seluruh masyarakat.

  1. BERBAGI PENGALAMAN AKAN YESUS

Pemimpin mengarahkan peserta masuk dalam kelompok-kelompok kecil (4-6 orang atau sesuai kebutuhan) untuk sharing pengalaman iman dan hidup sesuai dengan tema dan katekese yang baru didengar dengan bertitik tolak dari pertanyaan-pertanyaan panduan ini:

  1. Apa pendapatmu tentang riba dan pasar modal dan perbankan?
  2. Beri pendapatmu tentang pembangunan dalam kaitannya dengan perkembangan ekonomi!
  3. Apa tanggapanmu tentang korupsi

Setelah peserta selesai sharing (20-30 menit), kemudian pemimpin menyampaikan rangkuman sesuai hasil diskusi. Namun di bawah ini tercantum tawaran rangkuman untuk disampaikan jika dirasa cocok:

Perkembangan ekonomi membawa dunia ini ke arah perkembangan yang maju. Perkembangan ekonomi harus mendukung perkembangan manusia baik pribadi maupun kelompok. Dalam perkembangan ekonomi, manusia harus juga mengembangkan kemanusiaannya dan menghindarkan diri dari korupsi yang akan merusak diri dan masyarakat seluruhnya.

  1. BERJUMPA DENGAN YESUS

OMK bertemu dengan Yesus melalui sabda-Nya dan yang diperdalam dengan renungan. Menanggapi kehadiran Tuhan OMK menyampaikan doa-doa permohonan.

P. Bacaan dari Kitab Kejadian (Amos 2: 6-8)

Beginilah firman TUHAN: “Karena tiga perbuatan jahat Israel, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka menjual orang benar karena uang dan orang miskin karena sepasang kasut; mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu dan membelokkan jalan orang sengsara; anak dan ayah pergi menjamah seorang perempuan muda, sehingga melanggar kekudusan nama-Ku; mereka merebahkan diri di samping setiap mezbah di atas pakaian gadaian orang, dan minum anggur  orang-orang yang kena denda  di rumah Allah mereka.

P. Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Renungan

Pada zaman sekarang, semua hal dapat dilakukan secara digital. Semua itu memudahkan orang untuk dapat berkomunikasi, bekerja, berbisnis dengan cepat melalui jaringan elektronik. Perkembangan yang ada sekarang ini adalah sesuatu yang patut disyukuri. Akan tetapi ada yang menjadi kendala dari perkembangan ini. Perkembangan  ini tidak dibarengi oleh perkembangan sumber daya manusianya. Banyak hasil perkembangan itu yang disalahartikan dan disalahgunakan. Zaman sekarang uang menjadi hal yang terpenting bagi manusia, banyak orang menghalalkan berbagai cara yang tidak pantas asalkan memperoleh uang. Bacaan tadi membawa kita kepada sebuah permenungan akan sikap dan sifat yang dapat timbul akibat uang. Ketika perkembangan terjadi maka banyak hal negatif yang membayanginya.

Saudara-saudari yang terkasih, perkembangan yang sangat maju sekarang ini, melahirkan banyak hal negatif yang dapat menghancurkan kemanusiaan kita. Kita dituntut untuk terlibat dalam perkembangan tersebut, sementara kemanusiaan kita belum layak. Jika kita melihat serta membandingkan zaman sekarang dan yang ada dalam bacaan tadi maka kita akan berkata bahwa keadaan seperti dalam bacaan itu terjadi dalam kehidupan kita sekarang. Itu berarti bahwa perkembangan yang kita nikmati sekarang tidak dibarengi dengan pembangunan dan perkembangan kemanusiaan kita. Sebenarnya, kita secara kemanusiaan belum layak untuk perkembangan seperti sekarang.

Kehidupan sekarang cenderung mengarahkan kita untuk lupa bersyukur, lupa meluangkan waktu bersama keluarga, sahabat dan Tuhan.  Kita hanya lebih tertarik untuk mencari uang sebanyak-banyaknya demi kenyamanan hidup kita. Banyak orang muda saat ini tidak lagi memberi perhatian untuk Gereja. Mereka lebih senang bermain di dunia maya daripada datang untuk pertemuan OMK. Kita diarahkan kepada sebuah pemahaman kebebasan yang salah. Keadaan ini diakibatkan oleh kurangnya pembangunan kemanusiaan (pendidikan dan keimanan).

Kita yang berkumpul di sini saat ini adalah orang-orang yang tahu menempatkan diri dalam perkembangan yang pesat zaman ini, hendaknya kita menjadi pelopor bagi teman-teman kita yang lain agar mereka juga tahu menempatkan diri dalam perkembangan jaman ini. Hendaknya kita yang hadir ini mampu melihat bahwa hidup ini merupakan anugerah dari Allah dan sudah sewajarnya kita memberi diri juga demi perkembangan Kerajaan Allah. Semoga kita mampu melihat bahwa dalam segala hal yang ada dan yang kita lakukan dalam hidup kita berasal dan tertuju untuk Allah.  hendaknya kita tidak menjadi korban kemajuan yang bernilai positif tapi mampu membawa sesuatu yang positif bagi dunia dan sesama sehingga apa yang menjadi maksud dan tujuan Allah dapat terwujud dalam diri kita. Allah hanya menginginkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi kita ciptaanNya.

Amin.

Doa Permohonan

Pemimpin mempersilahkan para pembawa doa permohonan untuk membawakan doa secara spontan, dengan mengantar terlebih dahulu sbb:

P. Sahabat-sahabat OMK yang terkasih, sekarang marilah kita menyampaikan doa-doa permohonan kita kepada Allah:

  1. Bagi mereka yang menyalahartikan nilai perkembangan jaman ini….Kami mohon.
  2. Bagi semua pelaku kekerasan…. Kami mohon.
  3. Bagi semua orang muda… Kami mohon.
  4. Bagi Kita yang berkumpul di sini…. Kami mohon.

P. Marilah kita persatukan segala doa-doa permohonan kita dengan doa yang diajarkan Yesus sendiri kepada kita.

P+U.    Bapa Kami….

  1. MENYATAKAN YESUS

Pengenalan dan pertemuan dengan Yesus dalam doa harus diwujudnyatakan dalam kehidupan sehari-hari. Tindakan nyata apa yang harus dilakukan sesudah kebaktian ini? Untuk itu disediakan waktu hening (bermenung) sekitar 5 menit untuk meneguhkan niat-niat. Musik yang menunjang permenungan bisa diputar. Pemimpin (jika cocok) bisa juga menawarkan aksi-aksi nyata yang aplikatif dari pertemuan misalnya:

P. Saudara-i muda marilah kita hening sejenak mencari dan menentukan hal praktis yang harus kita praktekkan dalam kehidupan kita sebagai aplikasi dari perayaan iman malam ini.

Hening….

Usul aksi nyata:

  • OMK berkomitmen untuk memaknai perkembangan jaman sebagai berkat dari Allah
  • OMK berkomitmen menjadi pelopor perkembangan kemanusiaan yang positif.

Doa Penutup

P. Marilah berdoa,

Ya Tuhan, kami bergembira karena Engkau memberi kami talenta yang dapat kami kembangkan. Semoga perkembangan yang ada saat ini menjadi jalan bagi kami untuk dapat merasakan kemakmuran dan kesejahteraan yang Engkau harapkan kami nikmati.  Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan meraja bersama Dikau dan dalam kesatuan dengan Roh Kudus, sekarang dan selama-lamanya.

P+U.    Amin.

Seruan Penutup

P. Datanglah Roh Maha Kudus bentara cinta Sang Kristus.
U. Tolong kami jadi saksi membawa cinta ilahi.

Perutusan

Semua membuat tanda salib untuk dirinya sendiri, kecuali jika pemimpin adalah imam.

P. Tuhan beserta kita.

U. Sekarang dan selama-lamanya.

P. Kita semua diberkati oleh Allah yang mahakuasa, Bapa, Putera dan Roh Kudus.

U. Amin.

Nyanyian Penutup

Kesempatan untuk mengumpulkan persembahan.

            Kasih yang sempurna

Kasih yang sempurna telah kut’rima dari Mu

Bukan karena kebaikanku

Hanya oleh kasih karuniaMu Kau pulihkan aku,

layakkanku tuk dapat memanggilMu, Bapa
Kau beri yang kupinta saat kumencari kumendapatkan

Kuketuk pintuMu dan Kau bukakan

S,bab Kau Bapaku, Bapa yang kekal
Tak kan Kau biarkan

Aku melangkah hanya sendirian

Kau selalu ada bagiku

Sbab Kau bapaku Bapa yang kekal

Pengumuman

Memberitahukan waktu, tempat dan petugas pertemuan selanjutnya dan hal-hal lain sesuai dengan kebutuhan OMK setempat.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *