Doa & Ngopi OMK KAM : Pekan I Oktober 2018

LINGKUNGAN HIDUP

Persiapan Perayaan

  1. Pemimpin (P): Bisa pembina OMK, pendamping OMK atau OMK sendiri. Pemimpin memberitahukan secara singkat jalannya perayaan dan menghunjuk petugas-petugas yang perlu.
  2. Pembawa doa permohonan. Sebelum ibadat, para pembawa doa sudah menentukan siapa yang akan didoakan. Doa dibawakan secara spontan.
  3. Kelompok diskusi: peserta sudah dibagi menjadi beberapa kelompok.
  4. Pembawa nyanyian: seseorang yang bisa.
  5. Salib, lilin dan copyan teks ibadat.
  6. Tempat pengumpulan kolekte. Kolekte dilaksanakan pada nyanyian penutup.

Gagasan Dasar

Orang Kristen bukanlah pemerhati lingkungan hidup jika komitmen mereka terbatas hanya pada seruan moral kepada orang lain, jika hanya berbicara tentang permasalahan global, tetapi tidak tertarik pada lingkungannya sendiri dan berbagai kemungkingan yang ada di dalamnya. Orang Kristen harus ambil bagian dalam pemecahan masalah global yang sedang terjadi.

Nyanyian Pembuka

Dalam Tuhan aku bersyukur

Dalam Tuhan aku bersyukur                           In the Lord I’ll be ever thankful

Dengan lagu pujian                                         In the Lord I will rejoice

Tuhanlah penyelamatku                                  Look to God do not be afraid

Dalam Dialah sukacita 2x                               Lift up your voices the Lord is near 2x

Seruan Pembukaan

P. Datanglah ya Roh Kudus penuhi hati umatMu.

U. Dan nyalakanlah di dalamnya api cintaMu.

Hening sejenak…. 

Tanda Salib & Salam

P. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus

U. Amin

P. Tuhan berserta kita

U. Sekarang dan selama-lamanya

 Pemeriksaan Batin

P. Sahabat-sahabat OMK yang baik, dalam hidup ini kita tidak luput dari kesalahan dan kelalaian, maka marilah sejenak kita mengingat dosa dan kesalahan kita seraya mengakuinya di hadapan Allah dan di hadapan sesama agar kita layak mengikuti ibadat ini. Hening….

P+U. Saya mengaku….

Absolusi

P. Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa-dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin.

Doa Pembukaan

P. Marilah berdoa,

Ya Allah yang maharahim, Engkau menciptakan dunia sebagai tempat kediaman kami sebagai manusia. Bantulah kami lewat pertemuan ini untuk menyadari betapa pentingnya lingkungan hidup yang nyaman yang Engkau Ciptakan bagi kami. Demi Yesus Kristus, PuteraMu Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam kesatuan dengan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa.

P+U.    Amin.

  1. MENGENAL YESUS

Memaparkan rangkuman khazanah iman dari Docat No. 256-258

LINGKUNGAN HIDUP

Lingkungan hidup adalah bentuk satu kesatuan antara makhluk hidup dan benda tidak hidup, serta pola interaksi yang terjadi di antara keduanya. Sebagai Kristen, kita harus melakukan sesuatu demi terciptanya lingkungan hidup yang manusiawi, sudahkah? Orang Kristen tidak dapat disebutkan pemerhati lingkungan jika komitmen mereka hanya sebatas seruan moral yang ditujukan kepada orang lain. Tidak benar pula jika seorang Kristen tidak menunjukkan ketertarikan yang sungguh kepada lingkungannya sendiri. Maka etika lingkungan orang Kristen tidaklah dibangun di atas rasa puas diri atau membiarkan apa yang ada. Sebaliknya, etika Kristen adalah memberikan perhatian, baik pada konflik pribadi maupun konflik sosial yang perlu diselesaikan. Untuk ini perlu analisa yang tepat tentang hubungan sebab-akibat, resiko dan harapan di masa depan. Setelah analisa tersebut maka didapatkanlah panduan dasar yang efektif.

Orang Kristen baru disebut memberikan sumbangan yang berarti bagi pelestarian ekosistem ketika mereka “sungguh peduli pada keutuhan ciptaan, bukan melampiaskan frustasi (amarah) terhadap lingkungan hidup dengan merusak atau mengeksploitasi”. Jika peruskan alam/lingkungan hidup terus berlanjut, maka perubahan iklim yang luar biasa dan perusakan ekosistem yang belum pernah terjadi akan segera hadir. Konsekuensi serius dan tak terkendali akan dialami seluruh manusia.

Kristen harus menjadi pemilihara keutuhan ciptaan. Dalam artian ini manusia tidak menjaga keseluruhan alam sebagai objek yang harus diperhatikan. Tetapi manusia terbuka pada sistem alam sendiri yang terus menerus berkembang. Namun kita harus terbuka juga pada telah ahli teologi, ekologi, estetika, budaya. dll tentang cara melindungi dan merawat alam. Dengan demikian usaha manusia memelihara ciptaan akan semakin berarti.

Setiap orang kristen mempunyai panggilan ekologis. Hal ini berdasar pada “ekologi manusia” artinya pusat dari semuanya adalah keluhuran hidup umat manusia. Arti lainnya adalah sikap hormat terhadap kehidupan, kerja, tanggungjawab yang mengacu kepada Allah sang pencipta dunia. Kebaikan alam menentukan kebaikan penghuninya, manusia. Hormat kepada alam hormat kepada Allah penciptanya dan hormat kepada semua penghuninya. Lingkungan hidup harus menjadi tempat tinggal dan hidup manusia yang nyaman. Selayaknya kita menjaga keindahan lingkungan hidup di mana kita berada.

  1. BERBAGI PENGALAMAN AKAN YESUS

Pemimpin mengarahkan peserta masuk dalam kelompok-kelompok kecil (4-6 orang atau sesuai kebutuhan) untuk sharing pangalaman iman dan hidup sesuai dengan tema dan katekese yang baru didengar dengan bertitik tolak dari pertanyaan-pertanyaan panduan ini:

  1. Sebutkanlah bentuk-bentuk perusakan lingkungan hidup yang terjadi di sekitarmu!
  2. Apa yang bisa kita lakukan untuk bisa mengurangi kerusakan lingkungan hidup?
  3. Coba sebutkan 1 hal yang bisa kamu lakukan untuk mempertindah lingkungan hidupmu?

Setelah peserta selesai sharing (20-30 menit), kemudian pemimpin menyampaikan rangkuman sesuai hasil diskus. Namun di bawah ini tercantung tawaran rangkuman untuk disampaikan jika dirasa cocok:

Bumi ini adalah milik Tuhan dan Ia telah memercayakan perawatannya kepada kita, maka marilah kita belajar untuk menjadi pekerja Tuhan sebagai perawat dan pelindung bumi ini.·      Marilah kita melakukan pekerjaan-pekerjaan yang baik bagi lingkungan sebagai ketaatan dan kasih kita kepada Tuhan.·      Kita sebagai ciptaan Tuhan hendaknya menjaga keutuhan dan keindahan lingkungan kita masing-masing.

  1. BERJUMPA DENGAN YESUS

OMK bertemu dengan Yesus melalui sabda-Nya dan yang diperdalam dengan renungan. Menanggapi kehadiran Tuhan OMK menyampaikan doa-doa permohonan.

Bacaan dari Kitab Kejadian (Kej 1:1-12)

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama. Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.” Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua. Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

P. Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Renungan

Sikap dalam Berlingkungan Hidup

Dalam bacaan tadi, kita melihat bahwa Tuhan berpesan kepada Adam untuk menaklukkan bumi beserta isinya. Memang, ayat yang berbicara secara langsung tentang perlindungan alam semesta agak sulit untuk ditemukan. Meski demikian, masih terdapat satu prinsip yang tersurat (di atas) yaitu perintah Tuhan untuk menjaga ciptaan-Nya. Alkitab mengatakan bahwa Tuhan memberikan perintah kepada manusia untuk memelihara dan merawat ciptaan-Nya. Inilah yang seharusnya menjadi pegangan bagi manusia, sehingga tidak merusak alam ciptaan Tuhan. Dalam Alkitab, Tuhan mengatakan bahwa seluruh ciptaan itu adalah baik di mata-Nya. Bahkan, Dia sendiri mengatakan bahwa ciptaan-Nya begitu indah. Oleh sebab itu, Tuhan meminta manusia untuk menjaga seluruh ciptaan-Nya, yaitu alam dan seluruh isinya. Akan tetapi, karena dosa dan keserakahan, manusia telah merusak alam ciptaan Tuhan, yaitu dengan mengeksploitasi alam dengan semena-mena. Salah saru akibatnya terjadi bencana-bencana mengerikan yang menimpa manusia sendiri. Selain itu, manusia juga telah menggunakan sumber daya secara tidak benar dan bijaksana sehingga menimbulkan efek rumah kaca yang besar. Pemanasan global yang memengaruhi perubahan iklim tidak terhindarkan lagi. Alam semesta telah diciptakan oleh Tuhan dengan begitu indah. Dan, semuanya itu dilakukan-Nya untuk kebaikan manusia juga. Sebab, tanpa alam semesta yang diciptakan Tuhan, manusia tentu tidak dapat hidup. Jika alam semesta rusak, keselamatan populasi manusia tentu akan terancam. Oleh sebab itu, sebagai warga bumi yang sekaligus anak-anak Tuhan, marilah kita berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam, mengingat bahwa bahaya besar dapat mengancam populasi manusia jika alam tidak dipelihara dengan baik, dan itu sedang terjadi. Penting dan mendesak bahwa kita harus menjaga lingkungan hidup (alam) dan seluruh ciptaan Tuhan. Wajib. Sebab Tuhan telah memercayakan seluruh ciptaan-Nya di bumi ini kepada kita manusia. Kita manusia harus bertanggungjawab dan mempertanggungjawabkannya.

Doa Permohonan

Pemimpin mempersilahkan para pembawa doa permohonan untuk membawakan doa secara spontan, dengan mengantar terlebih dahulu sbb:

P. Sahabat-sahabat OMK yang terkasih, sekarang marilah kita menyampaikan doa-doa permohonan kita kepada Allah:

  1. Bagi para pemimpin negara….             kami mohon.
  2. Bagi Ibu Pertiwi kita….             kami mohon.
  3. Bagi para pencinta lingkungan hidup…. kami mohon.
  4. Bagi Kita yang berkumpul di sini….             kami mohon.

P. Marilah kita persatukan segala doa-doa permohonan kita dengan doa yang diajarkan Yesus sendiri kepada kita.

P+U.    Bapa Kami….

  1. MENYATAKAN YESUS

Pengenalan dan pertemuan dengan Yesus dalam doa harus diwujudnyatakan dalam kehidupan sehari-hari. Tindakan nyata apa yang harus dilakukan sesudah kebaktian ini? Untuk itu disediakan waktu hening (bermenung) sekitar 5 menit untuk meneguhkan niat-niat. Musik yang menunjang permenungan bisa diputar. Pemimpin (jika cocok) bisa juga menawarkan aksi-aksi nyata yang aplikatif dari pertemuan misalnya:

P. Saudara-i muda marilah kita hening sejenak mencari dan menentukan hal praktis yang harus kita praktekkan dalam kehidupan kita sebagai aplikasi dari perayaan iman hari ini.

Hening….

Usul aksi nyata:

  • OMK berkomitmen membuka diri terhadap kebersihan lingkungannya.
  • OMK berkomitmen ikut bertanggung jawab membangun masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. 

Doa Penutup

P. Marilah berdoa,

Ya, Bapa, terima kasih atas penyertaanMu bagi kami selama kegiatan ini. Semoga terang Kristus terus kami bawa dalam hidup kami khusunya untuk menjaga lingkungan hidup kami yang sedang kami hadapi saat ini.  Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan meraja bersama Dikau dan dalam kesatuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang segala masa.

P+U.    Amin.

Seruan Penutup

P. Datanglah Roh Maha Kudus bentara cinta Sang Kristus.
U. Tolong kami jadi saksi membawa cinta ilahi.

Perutusan

Semua membuat tanda salib untuk dirinya sendiri, kecuali jika pemimpin adalah imam.

P. Tuhan beserta kita.

U. Sekarang dan selama-lamanya.

P. Kita semua diberkati oleh Allah yang mahakuasa, Bapa, Putera dan Roh Kudus.

U. Amin.

Nyanyian Penutup

Kesempatan untuk mengumpulkan persembahan.

Sejauh Timur Dari Barat

Sejauh timur dari barat

Engkau membuang dosaku

Tiada Kau ingat lagi perlanggaranku

Jauh kedalam jubir laut

Kau melemparkan dosaku

Tiada Kau perhintungkan kesalahanku

Betapa besar Kasih pengampunanMu Tuhan

Tak kau pandang hina hati yang hancur

Kuberterimakasih kepadaMu ya Tuhan

Pengampunan yang Kau beri pulihkanku

Pengumuman

Memberitahukan waktu, tempat dan petugas pertemuan selanjutnya dan hal-hal lain sesuai dengan kebutuhan OMK setempat.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *